Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Selamat berkunjung di ramuantradisionalkankerhati.blogspot.co.id, blog penyedia informasi mengenai kesehatan dan pengobatan alaminya. Pada halaman ini kami akan mengulas mengenai Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan. Nah, mari kita simak bersama info lengkapnya tentang khasiat luar biasa dibalik daun kenikir ini.

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

ramuantradisionalkankerhati.blogspot.co.id - Daun suring atau kenikir (cosmos caudatus) bukanlah sayuran yang dapat dengan gampang ditemukan seperti bayam, kangkung, atau daun sayuran lainnya. Konon tanaman ini berasal dari Amerika Latin dan dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh orang Spanyol.
Kenikir biasa disantap dalam kondisi direbus dan dipadukan dengan sambel cabe dijadikan urap, atau pecel. Dalam bahasa Melayu, daun berbentuk sudut-sudut lancip dengan bau khas itu disebut ulam raja. Selain bagus buat kesehatan, kenikir amat baik untuk kecantikan dan acap kali dibuat ramuan obat tradisional.

Selama berabad-abad, kenikir diklaim mampu menuntaskan bermacam-macam gangguan kesehatan. Di balik daunnya yang berasa unik, tersimpan kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang.
Daun ini mengandung karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin C. Kenikir juga diakui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kenikir baik untuk pencernaan dan sistem metabolisme.

Selain itu, kenikir ampuh melawan berbagai jamur dan bakteri, serta kaya antioksidan sehingga mampu mencegah peradangan. Lebih dari itu, kenikir disebut mampu mengobati diabetes tipe 2. Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Putra di Malaysia terus menggali khasiat kenikir untuk mengatasi diabetes.

Kelebihan lain dari kenikir adalah tak ada keluhan efek samping dari orang-orang yang sudah merasakan manfaatnya buat kesehatan. Bila kita ingin tubuh lebih sehat, tak ada salahnya mencoba daun suring atau kenikir.
Itulah Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan yang bisa kami informasikan kepada anda. Semoga apa yang kami tulis menjadi referensi dan menambah pengetahuan seputar kesehatan. Semoga bermanfaat 🙂

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan"

Posting Komentar